Breezon-The real green refrigerantDalam waktu dekat ini PERTAMINA akan meluncurkanHydrocarbon Refrigerant terbaru atau merupakan rebranding dari Musicool dengan nama BREEZON – The real green refrigerant.

PERTAMINA turut aktif untuk peduli akan lingkungan hidup dengan meluncurkan BREEZON, the real green refrigerant, yaitu Hydrocarbon (CnH2n+2) atau sering disingkat menjadi HC. HC hanya terdiri dari unsur Hidrogen dan Carbon, yang berasal dari alam dan sangat mudah bersenyawa dengan udara sehingga alami dan ramah lingkungan.

BREEZON diproduksi dan dipasarkan setelah memenuhi persyaratan teknis sebagairefrigerant. Baik meliputi sifat fisika, thermodinamika, serta uji kinerja pada siklusrefrigerant.
Hasil pengujian menunjukan bahwa pada kapasitas mesin yang sama BREEZON memiliki banyak keunggulan dibandingkan synthetic refrigerant. Beberapa parameter memberikan indikasi data lebih keciil, seperti kerapatan bahan (density), rasio tekanan kondensasi terhadap evaporasi dan nilai viskositasnya. Sedangkan beberapa parameter lain memberikan indikasi data lebih besar, seperti efek refrigerasi, COP, kalor laten dan konduktivitas bahan.

Jenis Breezon Refrigerant yang tersedia adalah sbb:

  • Breezon R-290, sebagai pengganti HCFC r-22
  • Breezon R-290/R-600a, sebagai pengganti CFC-R12 & HFC R-134a
  • Breezon R-600a
  • Kemasan tabung: 3 Kg, 6Kg, dan 45Kg